Stanleykartawinata's Blog

being simple but perfect

Bagan sheila colonel

leave a comment »

BAGAN SHEILA CORONEL

Bagian pertama

  1. First Lead

Saya mendengar ada penjual gorengan yang memakai plastic sebagai bahan untuk menggoreng gorengan

  1. Initial Investigation

Saya bertemu dengan konsumen yang merasa dirugikan karena membeli gorengan garing berplastik

  1. Forming an investigative hypothesis

Betul gorengan yang dimasak bersama plastik dijual di jakarta

  1. Literature Search

Saya mengumpulkan klipping berita dan tulisan mengenai gorengan yang di masak bersama plastik dan juga hasil yang dapat ditimbulkannya

  1. Interviewing Experts

Saya melakukan wawancara dengan scientist yang sangat paham mengenai akibat yang dapat dikeluarkan dari bahan kimia plastic ini yaitu Maria Melissa Kartawinata S.Si (GENOME INSTITUT OF SINGAPORE)

  1. Finding a paper trail (penjejakan dokumen-dokumen)

Saya menelusuri di internet dan mencari tentang undang – undang tentang perlindungan hak konsumen dan kewajiban penjual

  1. Interviewing key informants and sources/finding people trail.

Saya mewawancarai korban gorengan berplastik dan juga penjual yang menjual gorengan berplastik serta wawancara kepada ahli – ahli yang mengerti tentang kandungan bahan kimia yang berbahaya dari plastic

Bagian kedua

  1. First hand observation

Saya menyamar sebagai pembeli gorengan di pinggir – pinggir jalan karang anyar dan melakukan perbandingan antara gorengan – gorengan yang biasa saya makan dengan gorengan yang dijual oleh penjual di karang anyar yang telah tercampur dengan plastik

  1. Organizing files

Saya membuat daftar berbagai macam plastic – plastic yang biasa dipakai oleh penjual dan juga melakukan penelitian atas akibat yang dapat ditimbulkan apabila mengkonsumsi makanan berplastik ini

  1. More interviews

Saya mewawancarai Pak KARNO salah satu penjual gorengan di karang anyar yang terduga telah lama melakukan penjualan dengan mencampurkan plastic ini ke dalam gorengannya

  1. Analyzing and organizing data

Setelah di analisa ternyata saya tidak mungkin untuk menelusuri jejak setiap penjual yang melakukan penjualan gorengan dengan memakai plastic ini karena itu saya lebih focus kepada akibat yang dapat ditimbulkan apabila konsumen mengkonsumsi gorengan jenis ini terlalu banyak

  1. Writing

Saya menuliskan temuan-temuan saya ke dalam sebuah laporan investigasi.

  1. Fact checking

Saya melakukan penelitian langsung ketika penjual menggoreng gorengan itu dan hasilna benar – benar gorengan itu menjadi jauh lebih garing daripada yang biasa dijual di tempat – tempat lain dan juga gorengan warnanya menjadi lebih putih serta garingnya bertahan jauh lebih lama disbanding gorengan biasanya

  1. Libel check

Saya melakukan pengecekan di internet dan telah menemukan bahwa tindakan tersebut sesuai dengan undang – undang konsumen pasal 8 tentang perilaku yang dilarang dilakukan oleh pelaku usaha dan dapat melakukan penuntutan terhadap pelaku usaha yang melakukan perbuatan tersebut

Written by stanleykartawinata

April 7, 2010 at 4:52 pm

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

