Stanleykartawinata's Blog

being simple but perfect

Communication theories

leave a comment »

Fenty

Irvan Setiawan

Samny aktanya

Stanley Kartawinata 2007110055

In Computer Mediated Communication (CMC)

Non verbal dues such as facial expression, appereance, gestures, tone of voice, interpersonal distance, smell, and touch are all missing

2 Features of CMC :

– Verbal cues

When motivated to form impressions and develop relationships, we could use      verbal linguistic content of computer mediated messages

– Extended time

The exchange of social information through CMC is much more slower than face to face communication

Story line

Pada suatu hari ada seorang gadis kecil bernama Sam. Dia hanya tinggal dengan ayahnya. Dia suka sekali dengan cerita dongeng, setiap malam ia selalu membaca cerita dongeng tersebut dengan ayahnya. Ketika ulang tahun dia yang rayakan di restoran milik ayahnya sendiri, ayahnya bertemu dengan seorang janda (bernama Fiona) yang telah mempunyai anak perempuan kembar (bernama Bianca dan Gabriella) dan jatuh cinta padanya pada pandangan yang pertama. Tetapi sayangnya, nasib Sam semakin buruk semenjak ayahnya meninggal ketika terjadi gempa untuk menolong sodara tirinya yang lain. Ayahnya tidak meninggalkan surat warisan, karena itu semua harta dan restoran milik ayahnya diambil oleh ibu tirinya. Tetapi Sam masih memiliki orang-orang yang menyayanginya. Yaitu seluruh pegawai yang bekerja di sana. Dia bukan diperlakukan seperti anak tetapi seperti seorang pembantu. Dia dipekerjakan menjadi seorang pelayan di restoran milik ayahnya sendiri karena kejahatan Fiona yang suka berfoya-foya demi kesenangan dia dan anak kembarnya. Menurut Fiona, lebih baik bekerja dari pada menuntut ilmu, karena menuntut ilmu pun ujung-ujungnya tetap saja bekerja. Tetapi Sam tetap dapat membagi waktu antara bekerja dan belajar.

Di sekolahnya ia hanya dipandang sebelah mata (sebagai gadis pelayan) begitu juga dengan teman dekatnya oleh beberapa sekelompok pria dan wanita yang cukup populer di sekolahannya, salah satunya bernama Shelby. Shelby mempunyai seorang kekasih yang tampan dan populer juga, bernama Austin. Tapi hubungan mereka tak berjalan lama karena Austin mulai mencintai gadis lain.

Pada suatu ketika Sam mempunyai teman dari dunia maya (chatting). Mereka sering sekali mengobrol tanpa tahu siapa lawan bicara mereka. Padahal hubungan mereka cukup dekat, karena mereka sama-sama berada di satu sekolah yang sama. Sampai suatu hari pria itu mengajak Sam bertemu untuk yang pertama kalinya di pesta dansa yang diadakan di sekolah mereka. Sam ragu untuk datang, karena Bianca dan Gabriella pasti ada di sana dan ia juga takut kalau Fiona sampai tahu ia meninggalkan pekerjaannya, ia akan marah dan tidak akan dibiayai uang sekolahnya lagi. Tapi, seluruh orang yang bekerja di restoran itu mendukung Sam untuk tetap datang ke pesta dansa itu, walaupun Sam tidak punya kostum sekalipun mereka tetap membantu Sam dengan senang hati.

Sesampainya Sam di pesta dansa tersebut, dia membuat semua orang terpukau dengan kecantikannya. Dia menunggu untuk beberapa saat menanti sang pangeran itu muncul. Untuk sekian lama ia menunggu sang pangeran tak kunjung datang, akhirnya dia memutuskan untuk pergi, tapi sebelum ia beranjak pergi dia merasa ada seseorang yang berdiri di belakangnya. Ketika ia menoleh ke belakang, ternyata yang berdiri di sana adalah Austin (tetapi Austin sendiri tidak tahu kalau yang ada di sana itu Sam). Dia agak menyesal ketika dia tahu bahwa selama ini teman chattingnya itu Austin. Dia lari meninggalkan lantai dansa itu, tapi berhasil dikejar oleh Austin. Austin membujuknya untuk tidak pergi dan itu berhasil. Mereka berjalan menuju halaman belakang. Di sana terdapat sebuah tempat yang indah dengan bunga-bunga dan para pemain musik yang siap memainkan lagu jika ingin berdansa. Mereka berdansa dan mengorbrol sampai jam menunjukkan pukul 23.45 pm. Itu adalah waktu di mana Sam harus balik ke tempat ia bekerja karena Fiona akan datang. Karena ia terburu-buru HP-nya terjatuh dan diambil Austin untuk mencari siapakah gadis itu sebenarnya. Dia mencarinya dengan menyebarkan brosur ke seluruh sekolah. Pada suatu hari Bianca masuk ke kamar Sam dan ia membuka komputer Sam, dan Bianca tahu kalau Sam itu adalah cinderlela pada malam pesta dansa tersebut. Shelby tak senang dengan hal ini, ia menyebar luaskan hal ini hingga membuat Sam malu dan Austin tak mau lagi memandangnya.

Suatu saat ketika Fiona masuk restoran itu dengan membanting pintu, jam di dinding pun jatuh dan memperlihatkan tulisan yang ada dibalik wallpaper tersebut. Kata-kata itu menguatkan Sam, sehingga ia bisa bilang tidak pada perintah Fiona dan bertindak tegas pada Austin yang dianggap pengecut.

Austin sepertinya agak menyesal dengan perbuatannya, akhirnya ia meminta maaf pada Sam dan mereka saling mencintai dengan bahagia. Dan harta warisan itu kembali ke tangan Sam, karena ia menemukan sebuah surat yang terselip di dalam buku dongengnya.

Connection to the theories

–      Verbal cues

Pada adegan mereka berkenalan di dunia maya antara sam dengan austin mereka menggunakan fasilitas SMS dan Chatting yg merupakan hubungan dengan komputer dan tidak secara langsung mereka bertemu dan hal ini yg merupakan hubungan antara teori dengan film ini dimana mereka tidak secara langsung bertemu melainkan menggunakan media sebagai perantaranya

–      Extended time

Pada adegan saat si Austin berusaha keras menghubungi Sam karena merasa bersalah saat itu digunakan media E-mail karena itu tidak berguna apabila tidak terbaca oleh penerimanya oleh karena itu ini bersangkutan dengan teori di atas karena terjadi jeda waktu yang lumayan lama antara penyampaian pesan dengan penerimanya

Written by stanleykartawinata

April 7, 2010 at 4:42 pm

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: