Stanleykartawinata's Blog

being simple but perfect

Kecelakaan

leave a comment »

Kecelakaan :

MARAKNYA KECELAKAAN DI ARUS MUDIK JAKARTA BANDUNG

Oleh : Stanley Kartawinata

Kelas : MC 11-1B

NIM : 2007110055

Mendengar kata kecelakaan di saat mudik lebaran rasanya sudah tidak asing lagi didengar oleh benak masyarakat sekarang ini.

Tingginya tingkat kecelakaan yg terjadi di masyarakat sekarang ini banyak sekali disebabkan oleh kelalaian pengemudi kendaraan bermotor pada H-4 sampai dengan H+7.

Kasus yang terjadi antara lain truk terguling, mobil tersambar kereta api, dan lain-lain dengan penyebab human error . Dalam satu kecelakaan, terdapat korban tewas hingga delapan orang. Ada satu kendaraan yang melanggar pembatas jalan lalu berturut-turut menabrak minibus, tiang listrik, menerjang bengkel, akhirnya masuk sawah.

Sebabnya, pengemudi kendaraan itu tertidur. Kejadian lain, satu mobil melewati palang kereta api dan terhalang kendaraan lain di depannya. Kendaraan naas itu pun tersambar kereta api. Jumlah korban tewas diharapkan tak bertambah tahun depan.

Menurut polisi yg ikut mengamankan daerah itu saat terjadi kecelakaan yaitu kopral Susanto jumlah korban tewas selama berlangsungnya arus mudik di Jawa Barat sebanyak 95 orang. Kondisi itu tak lebih baik dibandingkan tahun 2007 sebanyak 95 korban dan dianggap angka yang cukup besar.

Jumlah korban tewas itu termasuk memprihatinkan. Diharapkan, hingga masa arus mudik selesai hingga H+7, tidak ada korban tewas lagi.

Menurut korban kecelakaan yang selamat pada saat terjadi kecelakaan banyak yang berkata kecelakaan itu terjadi karena rasa ngantuk yang mereka dapat serta rasa lelah karena macet yang berlangsung cukup lama sehingga membuat mereka tidak sabaran untuk memacu kendaraannya.

Menurut bapak Riyanto ( korban kecelakaan motor di bogor ) dia mengalami kecelakaan itu disebabkan oleh pengemudi bus yang melaju kencang di lajur yang tidak semestinya karena hendak menyalip mobil yang berjalan sangat lambat, sehingga membuat mereka terpental masuk ke sawah yang ada disampingnya untuk menghindari kecelakaan yang lebih fatal lagi.

Hingga saat ini pihak pemerintah telah banyak mengusahakan perbaikan di berbagai macam struktur mudik agar berkurangnya jumlah kecelakaan yang ada di jalur jakarta bandung ini.

Oleh karena itu diharapkan kesadaraan dari pemudik untuk lebih berhati – hati dalam melaksanakan lebaran pada setiap tahunnya.

Written by stanleykartawinata

April 7, 2010 at 4:47 pm

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: